PENGARUH PENERAPAN SISTEM E-BILLING DAN E-FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA ANGGOTA-ANGGOTA KOPERASI ANEKA USAHA WRETA KARYA

  • Juliana N.S STIE Malangkucecwara Malang

Abstract

Pajak merupakan pungutan wajib pemerintah berdasarkan undang-undang.Pajak merupakan sumber penerimaan APBN terbesar di negara Indonesia.Berbagai kemudahan dalam pembayaran pajak telah disediakan direktorat pajak untuk wajib pajak diantaranya e-biling dan e-filling.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-filing, e-billing dan e-faktur terhadap kepatuhan pajak anggota-anggotaKoperasi Aneka Usaha Wreta Karya.Terdapat dua variable independen dalam penelitian ini yaitu (X1) e-billing dan (X2) e-filing. Variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah kepatuhan pajak.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel 122 anggota-anggota Koperasi Aneka Usaha Wreta Karya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, penerapan sistem e-filing, dan pengetahuan tax amnesty berpengaruh positif terhadap kepatuhan pelaporan wajib pajak orang pribadi di Koperasi Aneka Usaha Wreta Karya.

Published
2020-12-02
How to Cite
N.S, Juliana. PENGARUH PENERAPAN SISTEM E-BILLING DAN E-FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA ANGGOTA-ANGGOTA KOPERASI ANEKA USAHA WRETA KARYA. Accounting, Bisnis and Management Review, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-10, dec. 2020. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/abmr/article/view/731>. Date accessed: 22 jan. 2021.
Section
Articles