ANALISIS PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DARI LAYANAN DRIVE THRU TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA MALANG

  • Dwita Sari Kusbiantoro STIE Malangkuҫeҫwara Malang

Abstract

Banyaknya seorang wajib pajak yang harus mengantri dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan, maka Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota membuat cara berupa layanan SAMSAT Drive Thru. Jenis penelitian yang dilakukan ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dari layanan Drive Thru di Kota Malang dan kontribusi Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Malang. Data yang didapat berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dari layanan Drive Thru mengalami peningkatan. Pada penelitian ini menunjukkan kontribusi yang didapat dari penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2013 sampai tahun 2019 rata – ratanya sebesar 92,45% per tahun.

Published
2020-12-02
How to Cite
KUSBIANTORO, Dwita Sari. ANALISIS PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DARI LAYANAN DRIVE THRU TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA MALANG. Accounting, Bisnis and Management Review, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 48-55, dec. 2020. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/abmr/article/view/735>. Date accessed: 22 jan. 2021.
Section
Articles