PERAN BUMDES (BADAN USAHA MILIK DESA) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA

  • Dinik Candra Dewi STIE Malangkuҫeҫwara Malang

Abstract

Rendahnya tingkat pendapatan seringkali menjadi permasalahan bagi masyarakat desa yang secara tidak langsungdapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat, untuk itu pemerintah berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan membentuk BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dari BUMDes khususnya yang mengembangkan desa wisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa tempat BUMDes tersebut berada. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap 3 BUMDes yang mengelola desa wisata yang terletak di Kabupaten Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BUMDes Desa Wisata memiliki peran yang penting terdahap peningkatan kesejahteraan masyarakat, hal tersebut terbukti dengan meningkatnya pendapatan masyarakat yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Peningkatan pendapatan masyarakat berasal dari penjualan makanan dan minuman, oleh-oleh, serta pendirian homestay. Peran lain dari BUMDes Desa Wisata yaitu dapat mengayomi dan memberdayakan masyarakat di desa tempat BUMDes Desa Wisata tersebut berada.

Published
2020-12-02
How to Cite
DEWI, Dinik Candra. PERAN BUMDES (BADAN USAHA MILIK DESA) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA. Accounting, Bisnis and Management Review, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 89-95, dec. 2020. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/abmr/article/view/739>. Date accessed: 19 apr. 2021.
Section
Articles