TINGKAT EKONOMI, PENGETAHUAN PAJAK, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK PENGARUHNYA TERHADAP KEPATUHAN PEMBAYARAN PBB DENGAN KONTROL PETUGAS SEBAGAI VARIAVEL MODERATING

  • Anjarsari Fibrianti Fitria STIE Malangkuҫeҫwara Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tingkat ekonomi, pengetahuan pajak, dan kesadaran wajib pajak serta kontrol petugas berpengaruh terhadap kepatuhan pembayaran PBB di Kelurahan Candirenggo. Pada penelitian ini variabel kepatuhan berfungsi sebagai variabel dependen. Adapun variabel yang berfungsi sebagai variabel independen adalah tingkat ekonomi, pengetahuan pajak, dan kesadaran wajib pajak serta kontrol petugas yang menjadi variabel moderating.Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas bertujuan untuk menguji pengaruh variabel terhadap variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak yang terdapat di Kelurahan Candirenggo, sedangkan untuk sampelnya adalah 100 wajib pajak yang diambil secara cluster random sampling. Data dalam penelitian ini merupakan data primer dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji menggunakan aplikasi smart PLS-3 uji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tingkat ekonomi, kesadaran wajib pajak, berpengaruh positif terhadap kepatuhan pembayaran PBB, untuk variabel pengetahuan pajak berpengaruh negatif terhadap kepatuhan  pembayaran PBB sedangkan variabel kontrol petugas mampu memoderasi tingkat ekonomi,pengetahuan pajak, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan pembayaran PBB.

Published
2020-12-02
How to Cite
FITRIA, Anjarsari Fibrianti. TINGKAT EKONOMI, PENGETAHUAN PAJAK, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK PENGARUHNYA TERHADAP KEPATUHAN PEMBAYARAN PBB DENGAN KONTROL PETUGAS SEBAGAI VARIAVEL MODERATING. Accounting, Bisnis and Management Review, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 96-105, dec. 2020. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/abmr/article/view/740>. Date accessed: 19 apr. 2021.
Section
Articles