ANALISIS PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN OLEH PEMILIK VILLA DENGAN KESADARAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KEPATUHAN PAJAK

  • Dini Adenia Yulia Pangetuti STIE Malangkuҫeҫwara Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini menguji pengaruh tingkat pengetahuan dan pemahaman pajak Pemilik Usaha Villa terhadap Kepatuhan Membayar dengan Kesadaran Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening di Kawasan Kecamatan Prigen. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Pemilik Usaha Villa yang memiliki NPWPD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif Kausalitas untuk menguji pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Data kuantitatif dapat diperoleh dengan metode kuisioner yang diisi langsung oleh 36 responden yang diambil dari seluruh jumlah populasi berdasarkan data dari Badan Keuangan Daerah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Analisi Linier Sederhana dan Analysis Path. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa Pengetahuan, Pemahaman, Kesadaran Berpengaruh Positif terhadap Kepatuhan Membayar Pajak dan Secara tidak langsung Pengetahuan dan pemahaman melalui kesadaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepatuhan Pajak.

Published
2020-12-02
How to Cite
YULIA PANGETUTI, Dini Adenia. ANALISIS PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN OLEH PEMILIK VILLA DENGAN KESADARAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KEPATUHAN PAJAK. Accounting, Bisnis and Management Review, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 132-139, dec. 2020. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/abmr/article/view/744>. Date accessed: 19 apr. 2021.
Section
Articles