ANALISIS KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Dewi Kinanti Sabaneno STIE Malangkuҫeҫwara Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kepemilikan Institusional dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance dengan Kinerja keuangan sebagai variabel Intervening. Penelitian ini berfokus pada perusahaan sektor finance  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 40 perusahaan selama periode 1 tahun. Metode analisis yang digunakan untuk pengujian adalah Kuantitatif kausalitas. Pengujian dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS 3.2.8. Hasil pengujian secara parsial menunjukan variabel Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Variabel Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tax avoidance. Variabel kinerja keuangan berpengaruh positif terhadap tax avoidance. Variabel Kepemilikan Institusional berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Variabel Ukuran perusahaan berpengaruh negative terhadap kinerja keuangan. Variabel Kinerja Keuangan mampu memediasi pengaruh variabel kepemilikan institusional terhadap tax avoidance. Dan Variabel Kinerja Keuangan mampu memediasi pengaruh variabel ukuran perusahaan terhadap tax avoidance. Berdasarkan hasil Koefisien determinasi (R²) menunjukan masing-masing nilai dari variabel kinerja keuangan dan tax avoidance sebesar 0,516 dan 0,566 artinya bahwa variabel kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan mempengaruhi variabel kinerja keuangan sebesar 51,6% dan tax avoidance sebesar 56,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya yang diluar penelitian ini.

Published
2020-12-02
How to Cite
SABANENO, Dewi Kinanti. ANALISIS KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Accounting, Bisnis and Management Review, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 154-166, dec. 2020. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/abmr/article/view/746>. Date accessed: 19 apr. 2021.
Section
Articles