PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, MULTINASIONALITAS, dan PEMANFAATAN TAX HAVEN TERHADAP PRAKTIK PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MULTINASIONAL

  • Faridhotul Hasanah STIE Malangkuҫeҫwara Malang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh leverage, profitabilitas, multinasionalitas, dan pemanfaatan tax haven terhadap praktik penghindaran pajak pada perusahaan multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016 hingga 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2018. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang menggunakan data sekunder dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 perusahaan multinasional. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap praktik penghindaran pajak, profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap praktik penghindaran pajak, multinasionalitas berpengaruh negatif signifikan terhadap praktik penghindaran pajak, dan pemanfaatan tax haven berpengaruh negatif signifikan terhadap praktik penghindaran pajak.

Published
2020-12-02
How to Cite
HASANAH, Faridhotul. PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, MULTINASIONALITAS, dan PEMANFAATAN TAX HAVEN TERHADAP PRAKTIK PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MULTINASIONAL. Accounting, Bisnis and Management Review, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 193-201, dec. 2020. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/abmr/article/view/749>. Date accessed: 19 apr. 2021.
Section
Articles