ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN MUSYARAKAH

  • LUTFIA EKA PUTRI STIE Malangkuҫeҫwara Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepatuhan dalam mengimplementasikan standar akuntansi syariah PSAK 102 dan PSAK 106 dan untuk mengetahui sistem pengelolaan dan kinerja keuangan PSAK 102 dan PSAK 106 serta membandingkan kinerja pembiayaan murabahah dengan musyarakah.


            Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Bank BRI Syariah KCP Kepanjen untuk perlakuan akuntansi pembiayaan murabahah dengan pembiayaan musyarakah telah susuai dengan PSAK 102 & 106. Untuk sistem pengelolaan pembiayaan murabahah dengan musyarakah melalui prosedur pembiayaan, pengelolaan resiko pembiayaan dan pengawasan pembiayaan dilakukan dengan sangat aman dan baik. Sedangkan untuk kinerja pembiayaan murabahah dengan musyarakah kelancaran nasabah dipengaruhi oleh usaha yang macet dan tidak berkembang, kapasitas pembiayaan diukur melalui menunjukan perkembangan usahanya dari waktu kewaktu, jaminan pembiayaan bertujuan untuk lebih menyakinkan bahwa suatu resiko kegagalan pembayaran tercapai terjadi, jaminan ini dapat dipakai pengganti dari kewajiban nasabah. Untuk pembiayaan dimana masa sebelumnya terjadi keuntungan yang diperoleh masa tersebut dialokasikan modal akibat kerugian pada masa sebelumnya. Perhitungan rasio pembiayaan,Rasio pembiayaan murabahah / musyarakah : total pembiayaan x 100%. Rasio pendapatan marjin dan bagi hasil, rasio pendapatan marjin / bagi hasil : total pendapatan operasional x 100%. Rasio pendapatan terhadap pembiayaan, rasio pendapatan marjin / bagi hasil : total pembiayaan murabahah / musyarakah x 100%.

Published
2020-12-02
How to Cite
PUTRI, LUTFIA EKA. ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN MUSYARAKAH. Accounting, Bisnis and Management Review, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 237-245, dec. 2020. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/abmr/article/view/753>. Date accessed: 19 apr. 2021.
Section
Articles