Penganekaragaman Pengolahan Pangan Berbasis Jagung upaya Mengoptimalkan Potensi Lokal pada Usaha Mikro Makanan Tradisional dan Kue Kering

  • Yupono Bagyo STIE Malangkucecwara
  • Setiyawan Setiyawan STIE Malangkucecwara

Abstract

Pengolahan berbagai tepung menjadi salah satu prioritas program kementrian pertanian dalam rangka percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal. Begitu juga dengan pengolahan jagung menjadi tepung jagung merupakan usaha untuk memberikan nilai tambah produk sebagai pengganti atau campuran tepung terigu. Tujuan IbM ini adalah mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan persediaan tepung terigu yang harganya masih relatif mahal di Dukuh Umbul Rejo Desa Balesari. Teknologi ini menyangkut teknologi pengolahan dan supply tepung jagung sebagai upaya untuk terus mengembangkan teknologi tepat guna dengan menggunakan teknologi mesin pemipil dan mesin penepung jagung. Hasil yang diperoleh dari kegiatan IbM ini adalah: melalui teknologi mesin pemipil dan mesin penepung jagung, dapat memberikan efek positif bagi mitra yaitu peningkatan produktifitas olahan makanan tradisional dan kue kering berbasis jagung serta mampu memenuhi kebutuhan supply tepung jagung yang dapat diperjual belikan sehingga akan berdampak pada peningkatan pendapatan mitra.

Published
2016-12-01
How to Cite
BAGYO, Yupono; SETIYAWAN, Setiyawan. Penganekaragaman Pengolahan Pangan Berbasis Jagung upaya Mengoptimalkan Potensi Lokal pada Usaha Mikro Makanan Tradisional dan Kue Kering. Jurnal ABM Mengabdi, [S.l.], v. 3, dec. 2016. ISSN 2477-6432. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jam/article/view/48>. Date accessed: 17 oct. 2017.
Section
Articles

Keywords

Mesin pemipil jagung, Mesin penepung jagung, Tepung Jagung, Olahan Jagung