Kepedulian Perguruan Tinggi Terhadap Pengusaha Kecil Melalui Bantuan Sarana Produksi, teknologi Informasi dan Pelaporan Keuangan

  • Anang Amir Kusnanto STIE Malangkucecwara
  • Samsul Hadi STIE Malangkucecwara

Abstract

Kripik dan kue kering merupakan makanan ringan yang sangat popular di kalangan masyarakat, yang biasanya dimakan sambil santai. Kripik bisa dibuat dari berbagai macam bahan bakunya, seperti singkong, ketela, talas, pisang, nangka, dll. Masyarakat semakin suka makan kripik karena harganya terjangkau, juga rasanya sudah beraneka macam berkat hasil inovasi para pengusaha. Rasa kripik yang tadinya hanya rasa asin dan manis, sekarang ada rasa keju, bawang, pedas, sehingga konsumen banyak pilihan. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang menjadi mitra adalah ibu Dra. Rukmani dan bapak Sugeng Hariadi yang merupakan pengusaha yang memproduksi aneka kripik dan kue kering seperti kastengel, putri salju, dan nastar sebagai produk lain yang dihasilkan. Solusi yang diberikan tim untuk meningkatkan kapasitas produksi dan volume penjualan adalah sebagai berikut: (1) penyediaan (bantuan) mesin potong bahan; (2) Penyediaan pres plastik kemasan yang lebih canggih, untuk menutup (mengepres) kemasan plastik; (3) Oven gas LPG dengan kapasitas besar; (4) Memberikan pelatihan pemasaran berbasis internet; dan (5) Penertiban administrasi keuangan pengusaha mitra melalui kegiatan pelatihan program akuntansi dan pendampingan akuntansi (pembuatan catatan keuangan dan laporan keuangan).  

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-01
How to Cite
KUSNANTO, Anang Amir; HADI, Samsul. Kepedulian Perguruan Tinggi Terhadap Pengusaha Kecil Melalui Bantuan Sarana Produksi, teknologi Informasi dan Pelaporan Keuangan. Jurnal ABM Mengabdi, [S.l.], v. 1, dec. 2014. ISSN 2721-141X. Available at: <https://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jam/article/view/8>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles