Upaya Ekspansi Usaha Kecil Kuliner Khas Jawa Timur Melalui Pola Bisnis Waralaba

  • Rini Maryuni STIE Malangkucecwara
  • Gatot Sujono STIE Malangkucecwara
  • Triana Murtiningtyas STIE Malangkucecwara

Abstract

Fakta menunjukkan bahwa kelompok usaha kecil merupakan pelaku ekonomi yang terbukti dapat survive bahkan banyak yang justru berkembang di tengah krisis multidemensial sejak tahun 1998. Cara terbaik adalah dengan bertindak selaku terwaralaba (franchisee) dari usaha para pemilik restoran (franchisor) yang terbukti telah mapan. Bakso Mercon Cak Kar & Tahu Campur Cak Uri Kumis berlokasi di Singosari yang beroperasi sejak tahun 1992 telah membuktikan sebagai usaha yang menguntungkan (proven business) dengan pertumbuhan volume penjualan yang sangat mengesankan. Berdasarkan kinerja yang mengesankan ini, kedua usaha kuliner tersebut berpotensi dikembangkan dengan jalan ekspansi ke daerah lain.Namun sayang, hal ini tidak dapat di lakukan karena memerlukan modal besar dan sistem manejemen serta finansial moderen yang tidak dimiliki oleh kedua pengusaha tersebut. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan membantu penataan manajemen dan finansial kedua pengusaha tersebut agar mampu berekspansi melalui pola walaba (franchising), yakni melibatkan orang lain sebagai investor. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-01
How to Cite
MARYUNI, Rini; SUJONO, Gatot; MURTININGTYAS, Triana. Upaya Ekspansi Usaha Kecil Kuliner Khas Jawa Timur Melalui Pola Bisnis Waralaba. Jurnal ABM Mengabdi, [S.l.], v. 1, dec. 2014. ISSN 2721-141X. Available at: <https://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jam/article/view/9>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles