Aplikasi Akuntansi Pesantren Dalam Penyusunan Laporan Keungan Digital Dengan Software SANGO Profesional

  • Makayanawati ‏‏‎ Universitas Negeri Malang
  • Puji Handayati Universitas Negeri Malang
  • Suparti ‏‏‎ Universitas Negeri Malang
  • Masculine Muhammad Muqorobin Universitas Negeri Malang

Abstract

Laporan keuangan pesantren merupakan salah satu sarana untuk mempertanggungjawabkan aktivitas keuangan pondok pesantren. Laporan keuangan ini menjadi penting, karena merupakan wujud tanggung jawab atas dana yang dikelola yang diperoleh dari berbagai donatur. Berdasarkan hasil analisis situasi di beberapa pondok pesantren di wilayah Kabupaten Malang, laporan keuangan belum disajikan sesuai dengan PSAK 45.Kondisi ini disebabkan karena kurangnya pemahaman para pengelola dan pengurus pondok pesantren mengenai pedoman akuntansi pesantren. Laporan keuangan pesantren dapat disajikan dengan menggunakan aplikasiSANGO accountingyang merupakan alat bantu pencatatan keuangan pada lembaga khusus nirlaba dan telah disesuaikan dengan PSAK 45. Dalam upaya membantu mengatasi permasalahan penyusunan laporan keuangan yang dihadapi mitra dalam hal ini yayasan pondok pesantren di wilayah Kabupaten Malang, maka pelatihan dan pendampingan teknik penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi SANGO accounting oleh lembaga pendidikan tinggi melalui tim pelaksana pengabdian masyarakat dari Universitas Negeri Malang merupakan solusi yang tepat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu pemberian materi, penginstallan aplikasi dan pendampingan penyusunan laporan keuangan dengan aplikasi SANGO. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan dampak pada peningkatan pemahaman dan penerapan aplikasi SANGO dalam menyusun laporan keuangan di pondok pesantren.

Published
2020-12-02
How to Cite
‏‏‎, Makayanawati et al. Aplikasi Akuntansi Pesantren Dalam Penyusunan Laporan Keungan Digital Dengan Software SANGO Profesional. Jurnal ABM Mengabdi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 19-26, dec. 2020. ISSN 2477-6432. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jam/article/view/725>. Date accessed: 22 jan. 2021.
Section
Articles