Pengelolaan Bank Sampah Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Kelurahan Parteker Pamekasan

  • Runik Puji Rahayu Universitas Madura
  • Nurul Alfian Universitas Madura

Abstract

Sampah merupakan salah satu permasalahan yang patut untuk diperhatikan. Volume peningkatan sampah sebanding dengan meningkatnya tingkat konsumsi manusia. Pemanfaatan sampah-sampah tersebut harus diprioritaskan sebelum terjadinya pencemaran lingkungan yang dapat mengganggu kesehatan dari masyarakat. Maka perlu adanya pengelolaan sampah, pengelolaan sampah memerlukan kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. salah satunya adalah melalui pembentukan Bank Sampah. Bank sampah merupakan tempat pengelolaan sampah yang menerapkan sistem 3R (reuse, reduce, dan recycle) dan


 
 

penyetoran sejumlah sampah kebadan yang dibentuk dan disepakati bersama masyarakat setempat untuk menampung sampah yang memiliki nilai ekonomi, ditabung sampai pada jumlah dan waktu tertentu, lalu ditukar dengan sejumlah uang Dengan diberdayakannnya bank Sampah di kelurahan parteker Pamekasan, maka akan membantu menyelesaikan dua permasalahan sekaligus, yaitu permasalahan sampah sekaligus memberikan manfaat ekonomi. Metode partisipasi digunakan dalam menyusun rencana dan tindakan pelaksanaannya. Kegiatan sosialisi Bank Sampah telah dijalankan dengan baik dan tanpa halangan. Sehingga Masyarakat yang hadir sangat antusias selamasosialisasi dan pelatihanyang berlangsung.Dalam.kegiatan ini diharapkan memiliki kesinambungan secara terus menerus, sehingga apa yang menjadi harapan bersama yakni terwujudnya daerah yang bersih, asri dan bebas sampah dapat terwujud, sehingga salah satu contohnya mampu mengurangi bencana banjir dan kesadaran masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan seperti halnya membuang sampah di sungai atau diselokan-selokan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-02
How to Cite
RAHAYU, Runik Puji; ALFIAN, Nurul. Pengelolaan Bank Sampah Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Kelurahan Parteker Pamekasan. Jurnal ABM Mengabdi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-7, june 2021. ISSN 2721-141X. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jam/article/view/849>. Date accessed: 23 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.31966/jam.v8i1.849.
Section
Articles