Author Guidelines

  1. Akuntansi Bisnis dan Manajemen (ABM) merupakan jurnal nasional yang menerima naskah dalam kajian bidang akuntansi, bisnis, dan manajemen, melalui berbagai pendekatan baik kuantitatif maupun kualitatif.
  2. Artikel dapat berupa naskah berdasarkan hasil kajian empiris (berbasis riset) maupun non riset.
  3. Teknik penulisan:
    1. Artikel wajib menggunakan Bahasa Indonesia dan ditulis dalam bentuk baku sesuai ejaan yang berlaku.
    2. Paragraf baru dimulai lima ketukan dari margin kiri, dan antar paragraf tidak diberi tambahan spasi.
    3. Semua kata asing dan pengistilahan khusus dan/atau tertentu dicetak dengan huruf miring (italic).
    4. Ukuran kertas A4, dengan margin 1” (top, left, bottom), margin right = 0.8”
    5. Seluruh tabel, gambar, ataupun transkrip percakapan dimasukkan dalam badan artikel (pendahuluan, metode, serta hasil dan pembahasan).
    6. Tabel dan gambar harus diberi judul, nomor dan sumber yang jelas dan dirujuk secara jelas dalam bodytext. Judul tabel diketik di tengah-tengah dan diletakkan di atas tabel. Judul gambar diketik ditengah-tengah dan diletakkan di bawah gambar. Judul tabel atau gambar dicetak tebal (bold). Sumber diletakkan di bawah judul gambar atau tabel. Format tabel hanya menggunakan garis horisontal pada pembuka dan penutup judul field table dan menutup tabel. Pada bagian isi tabel tidak diperlukan garis pemisahan.
    7. Pengutipan sumber acuan dalam artikel (in body text) dan pada daftar rujukan menggunakan standar American Psychological Association (APA) Style.
  4. Sistematika penulisan artikel "Pemikiran dan atau Kajian Kritis" terdiri atas Judul; Nama Penulis; Abstrak; Pendahuluan; Pembahasan; Sub Pembahasan; Simpulan , serta Daftar Rujukan. Berikut rincian dan susunan masing-masing:
    1. Judul artikel mencerminkan masalah yang dibahas, memiliki daya tarik (provokatif). Judul dalam bahasa Indonesia maksimal 12 kata dengan menggunakan huruf kapital untuk setiap kata, ukuran font = 14 book antiqua. Di bawah judul berbahasa Indonesia, dicantumkan judul dalam bahasa Inggris dengan menggunakan huruf italic ukuran 14.
    2. Identitas penulis terdiri atas : nama penulis (lengkap tanpa gelar); asal perguruan tinggi, alamat perguruan tinggi termasuk kode pos. Alamat email dan nomor telepon dicantumkan untuk penulis koresponden.
    3. Abstrak merupakan ringkasan yang ditulis secara padat, menampilkan isu-isu pokok dan alternatif pemecahan,bukan komentar atau pengantar. Ditulis dalam satu paragraf antar 75-150 kata, menggunakan spasi tunggal dan huruf italic. Abstrak ditulis dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia)
    4. Kata kunci ditulis dalam dua bahasa: Inggris dan Indonesia terdiri atas 3 – 5 kata atau frase.
    5. Pembahasan berisi hasil analisis berkenaan dengan argumentasi logis, kritis, maupun reflektif atas masalah yang sedang dibahas. Unsur penting dari pembahasan adalah pendirian dan sikap penulis baik secara objektif maupun subjektif yang didukung argumentasi yang kuat.
    6. Kesimpulan ditulis dalam bentuk narasi (tidak menggunakan point), dan berisi tentang inti temuan dalam penelitian. Selain itu juga dapat diungkapkan kelemahan penelitian yang merupakan kekurangan yang dijumpai peneliti pada saat melaksanakan riset. Di Bagian ini perlu juga menguraikan tentang kontribusi penelitian dan saran yang ditujukan untuk peneliti selanjutnya.
  5. Daftar Rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam Daftar Pustaka. Daftar Rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Pustaka yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel penelitian dalam jurnal, prosiding, seminar dan laporan penelitian (tesis dan disertasi).
  6. Setiap tulisan yang diterima redaksi akan ditelaah oleh dua orang mitra bebestari (reviewer) sesuai dengan bidang keahliannya secara blind review.
  7. Bila diperlukan, redaksi akan mengubah dan atau memperbaiki ejaan, tata tulis dan tata bahasa artikel yang dimuat tanpa merubah substansi tulisan.
  8. Artikel diketik dengan MS Word, satu spasi, font 1, huruf book antiqua dengan panjang 10 – 15 halaman
  9. Semua artikel dari hasil studi pada situs penelitian / institusi / informan tertentu harus memenuhi unsur etika yang telah dikonfirmasi oleh informan institusi / penelitian.
  10. Tidak ada biaya pemrosesan artikel (free processing fee), tetapi penulis dikenakan biaya publikasi.