Ekonomi Kolaboratif: Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Pemulung Berbasis Masyarakat dengan Program GR. Ampah pada Warga Kelurahan Madyopuro Malang

  • Lita Dwipasari Universitas Merdeka Malang
  • Abdul Manap Wardoyo Universitas Merdeka Malang

Abstract

Pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat dengan ekonomi rendah seperti pemulung juga bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun menjadi tanggung jawab secara kolaborasi (gotong royong) seluruh masyarakat utamanya masyarakat sekitarnya. Jika setiap hari memberi uang kepada para pemulung adalah tidak mudah bagi warga tapi bila memberikan sesuatu yang tidak terpakai namun berguna bagi pemulung adalah hal yang sangat mudah dilakukan, maka sampah adalah sarana untuk beramal tersebut. Program Kegiatan GR Ampah adalah kegiatan menyadarkan warga untuk beramal secara gotong royong  sebagai wujud peduli kepada lingkungan termasuk pemulung, yang didasarkan pada keyakinan  ajaran agama masing-masing. Sehingga pemulung memperoleh peningkatan pendapatan.  Untuk menyampai tujuan tersebut digunakan metode penyuluhan, action, dan pengamatan hasil pada lapak sampah yang biasa para pemulung menyetorkan sampahnya. Daftar harga sampah juga akan ditampilkan agar warga dapat memperkirakan amal yang telah mereka lakukan. Alat bantu yang digunakan untuk mencapai tujuan kegiatan GR Ampah adalah dengan alat edukasi memilah sampah untuk anak, materi dokumentasi untuk memberikan penyuluhan, tempat sampah untuk memilah sampah serta  alat-alat penguatan untuk sikap warga seperti video di youtube dan banner.

Published
2016-12-01
How to Cite
DWIPASARI, Lita; WARDOYO, Abdul Manap. Ekonomi Kolaboratif: Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Pemulung Berbasis Masyarakat dengan Program GR. Ampah pada Warga Kelurahan Madyopuro Malang. Jurnal ABM Mengabdi, [S.l.], v. 3, dec. 2016. ISSN 2477-6432. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jam/article/view/44>. Date accessed: 17 oct. 2017.
Section
Articles

Keywords

ekonomi kreatif, GR. ampah, pemulung