Cara Memilih Bisnis Sampingan Yang Tepat Bagi Guru-Guru SMP Al-Islah Surabaya

  • Riyan Sisiawan Putra Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Ubaidillah Zuhdi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di gedung SMP Al-Islah Surabayadan peserta kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dari Guru-guru SMP Al-Islah Surabaya. Guru-gurupada SMP Al-Islah Surabayakurang lebih30 Guru.Kita mengetahui gaji seorang Guru itu tidaklah besar oleh sebab itu bila memiliki bisnis sampingan akan sangat membantu sekali dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, sekaligus bisa membimbing siswanya secara nyata. Sehingga tidak terpikirkan untuk melakukan perbuatan buruk ketika gaji Guru tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya.Selain memberikan inspirasi dan motivasi diharapkan Guru-guru bisa lebih bersemangat dalam mewujudkan ide-ide bisnisnya. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari tiga tahap. Pertama tahap pesiapan, tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan program, dan tahap terakhiradalah pelaporan hasil kegiatan pengabdian kepadamasyarakat.Hasil yang diharapkan dari kegiatan pengabdian masyarakat pada guru-guru SMP Al-Islah Surabaya yaitu meningkatnya pemahaman para Guru tentang bisnis sampingan dan manfaat-manfaatnya. Hal ini dapat dilihat ketika para gurusangat berantusias pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini Setelah kegiatan pengabdian masyarakat ini selesai, Guru-guru bisa termotivasi untuk membuka/merintis usahasampingan,dan mewujudkan ide-idenya secara nyata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-02
How to Cite
PUTRA, Riyan Sisiawan; ZUHDI, Ubaidillah. Cara Memilih Bisnis Sampingan Yang Tepat Bagi Guru-Guru SMP Al-Islah Surabaya. Jurnal ABM Mengabdi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 8-12, dec. 2020. ISSN 2721-141X. Available at: <https://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jam/article/view/723>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.31966/jam.v7i2.723.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)