Engagement Desa Kebontunggul : Menuju Desa Brilian Berkonsep Digitalisasi Badan Usaha Milik Desa (E-Bumdes)
Abstract
Isu pokok tentang Desa BRILian yang dicanangkan oleh Bank Rakyat Indonesia tahun 2020 dan Desa Kebontunggul sebagai peserta Batch pertama dalam kompetisi tersebut, telah menginspirasi penulis untuk mendampingi BUMDes karena desa tersebut mempunyai potensi sumber daya alam. Tujuannya adalah mengoptimalkan pengelolaan unit BUMDes Gajah Mada menuju Desa BRILian dengan konsep digitalisasi. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan manajemen strategi yang terdiri dari (1). Need assessment, melakukan observasi dan wawancara dengan pihak pengelola BUMDes, (2). Perencanaan strategi, terdiri strategi (a). Intensif (integrasi horizontal dan diversifikasi konsentrik dan (b). diversifikasi (penetrasi dan pengembangan pasar), (3). Teknologi digitalisasi berfungsi untuk memperluas pemasaran area wisata Lembah Mbencireng, (4). Menjadi BUMDes Mandiri dan meraih Desa BRILian. Hasil dalam mengembangkan manajemen strategi yaitu berkolaborasi mengembangkan manajemen kepemilikan dengan pihak ketiga, menerapkan konsep wisata eco farming dengan fasilitas homestay dan bersepeda serta mengembangkan web BUMDes dengan digitalisasi pada strategi penetrasi dan pengembangan pasar. Pendampingan ini akan mempunyai implikasi secara signifikan terhadap mitra kedepan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.