Moderasi Personalitas atas Nilai Sosial dan Minat Karir Mahasiswa sebagai Akuntan Publik (Personality Moderation of Social Values and Career Interests of Students as Public Accountants)

  • Sonhaji Sonhaji STIE Malangkuçeçwara Malang
  • Catharina Vira Kartika STIE Malangkuçeçwara Malang
  • Hanif Mauludin STIE Malangkucecwara Malang

Abstract

Pengaruh personalitas terhadap pemilihan karir telah banyak dikaji sebagai anteseden yang menghasilkan temuan yang berbeda. Kebaruan dari Penelitian ini adalah menguji pengaruh nilai sosial terhadap pilihan karir sebagai akuntan publik dengan personalitas sebagai moderasi. Penelitian dilakukan pada mahasiswa jurusan akuntansi sekolah ekonomi Malangkucecwara.  Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan didistribusikan pada 52 responden. Uji hipotesis dengan partial least square. Penelitian ini membuktikan bahwa Personalitas memoderasi pengaruh nilai social terhadap minat karir mahasiswa akuntansi sebagai akuntan publik.Temuan ini sekalgus menegaskan bahwa nilai sosial dan minat karir sebaiknya tidak dilihat dari satu sisi, peran aspek personalitas juga sangat kuat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-03
How to Cite
SONHAJI, Sonhaji; KARTIKA, Catharina Vira; MAULUDIN, Hanif. Moderasi Personalitas atas Nilai Sosial dan Minat Karir Mahasiswa sebagai Akuntan Publik (Personality Moderation of Social Values and Career Interests of Students as Public Accountants). Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), [S.l.], v. 29, n. 2, p. 79-88, oct. 2022. ISSN 2685-3965. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jabm/article/view/1105>. Date accessed: 05 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.35606/jabm.v29i2.1105.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)