ANALISIS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM

  • Erik Irawan Suganda Universitas Pakuan Bogor

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan dan harga serta dampaknya terhadap kepuasan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Parung Panjang Kabupaten Bogor. Populasi penelitian adalah pelanggan pada instansi tersebut sejumlah 12.524 orang dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data variabel yang diteliti menggunakan kuesioner dengan skala rating. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan  terhadap kepuasan pelanggan, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan harga  terhadap kepuasan pelanggan, dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan dan harga  secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-02
How to Cite
SUGANDA, Erik Irawan. ANALISIS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM. Akutansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), [S.l.], v. 28, n. 1, p. 1-10, apr. 2021. ISSN 2685-3965. Available at: <http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jabm/article/view/804>. Date accessed: 23 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.35606/jabm.v28i1.804.
Section
Articles