ANALISIS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan dan harga serta dampaknya terhadap kepuasan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Parung Panjang Kabupaten Bogor. Populasi penelitian adalah pelanggan pada instansi tersebut sejumlah 12.524 orang dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data variabel yang diteliti menggunakan kuesioner dengan skala rating. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap kepuasan pelanggan, dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan dan harga secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan