Analisis terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Karyawan Rumah Sakit Islam “Darusy Syifa” Benowo – Surabaya (Suatu Pendekatan dengan Path Analysis)

  • Nunung Nurastuti Utami

Abstract

: Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen karyawan melalui kepuasan kerja. Sebelumnya terdapat 5 variabel budaya organisasi yang terdiri dari Hubungan organisasi dan lingkungan (HOL), Hakekat kegiatan manusia (HKM), Hakekat realitas dan kebenaran (HRK), Hakekat manusia (HM), dan Hakekat hubungan antar manusia (HAM). Setelah dianalisis faktor pada awalnya terbentuk 3 faktor. Karena faktor ketiga semua itemnya tidak reliabel maka faktor 3 dikeluarkan sehingga pada akhirnya terdapat 2 faktor saja. Berdasarkan item yang membentuk faktor maka faktor diberi nama: Hakekat Hubungan Kemanusiaan (HHK) dan Hakekat Nurani dan Kebenaran (HNK). Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa Hakekat Hubungan Kemanusiaan serta Hakekat Nurani dan Kebenaran mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Demikian juga kepuasan kerja mempunyai pengaruh positif terhadap komitmen karyawan serta terjadi pengaruh tidak langsung secara total Hakekat hubungan kemanusiaan serta Hakekat nurani dan kebenaran terhadap komitmen karyawan melalui kepuasan kerja yang bersifat positif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2007-04-02
How to Cite
UTAMI, Nunung Nurastuti. Analisis terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Karyawan Rumah Sakit Islam “Darusy Syifa” Benowo – Surabaya (Suatu Pendekatan dengan Path Analysis). Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), [S.l.], v. 14, n. 1, apr. 2007. ISSN 2685-3965. Available at: <https://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jabm/article/view/1320>. Date accessed: 17 may 2024.
Section
Articles