Jumlah Dana yang Dihimpun (Funding), Tingkat Suku Bunga Kredit dan Tingkat Inflasi Berpengaruh terhadap Kredit yang Disalurkan (Lending) oleh Lembaga Perbankan di Indonesia

  • Zainul Mukhlas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penyaluran kredit perbankan (lending), sejauh mana pengaruh jumlah dana yang (funding), tingkat suku bunga kredit, dan tingkat inflasi terhadap kredit yang disalurkan oleh lembaga perbankan (lending), serta faktor mana yang paling berpengaruh dalam penyaluran kredit perbankan (lending). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah dana yang dihimpun (funding), tingkat suku bunga kredit dan tingkat inflasi secara keseluruhan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyaluran kredit perbankan (lending) oleh Bank Umum di Indonesia. Faktor jumlah dana yang dihimpun (funding) memiliki pengaruh secara positif dan dominan terhadap penyaluran kredit perbankan (lending) dibanding faktor suku bunga kredit dan tingkat inflasi. Adapun saran yang harus diperhatikan dan dipertimbangan bagi kalangan bankir adalah menerapkan prudential banking system dalam setiap kebijakan yang diambil, tetap menjaga kepercayaan masyarakat karena lembaga perbankan merupakan mediator dari unit surplus ke unit defisit, dan mempunyai kelebihan dana, serta lebih selektif di dalam memilih calon kreditur untuk penyaluran kreditnya, hal ini untuk menghindari atau mengantisipasi terjadinya kredit macet (non performing loans)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2007-04-02
How to Cite
MUKHLAS, Zainul. Jumlah Dana yang Dihimpun (Funding), Tingkat Suku Bunga Kredit dan Tingkat Inflasi Berpengaruh terhadap Kredit yang Disalurkan (Lending) oleh Lembaga Perbankan di Indonesia. Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), [S.l.], v. 14, n. 1, apr. 2007. ISSN 2685-3965. Available at: <https://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jabm/article/view/1326>. Date accessed: 15 may 2024.
Section
Articles