Determinan Keputusan Pembelian dan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Mediasi (Determinants of Purchasing Decisions and Brand Trust as Mediating Variables)

  • Dian Erawati
  • Muinah Fadhilah
  • Agus Dwi Cahya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan selebriti dan variasi produk yang dimediasi kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian mie sedaap. Obyek penelitian adalah pelanggan mie sedaap di Yogyakarta pada tahun 2023. Sampel secara purposive dan diperoleh 105 responden yang kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan dukungan selebriti dan variasi produk tidak berpengaruh pada keputusan pembelian, juga tidak berpengaruh pada kepercayaan merek, tetapi variasi produk berpengaruh pada kepercayaan merek. Selain itu kepercayaan merek berpengaruh positif pada keputusan pembelian dan memediasi hubungan variasi produk dengan keputusan pembelian. Namun kepercayaan merek tidak dapat memediasi hubungan dukungan selebriti terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-02
How to Cite
ERAWATI, Dian; FADHILAH, Muinah; CAHYA, Agus Dwi. Determinan Keputusan Pembelian dan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Mediasi (Determinants of Purchasing Decisions and Brand Trust as Mediating Variables). Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), [S.l.], v. 31, n. 1, apr. 2024. ISSN 2685-3965. Available at: <https://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jabm/article/view/1387>. Date accessed: 26 may 2024. doi: https://doi.org/10.35606/jabm.v31i1.1387.
Section
Articles