Hambatan Desain dan Implementasi Aplikasi Laporan Keuangan untuk UMKM (Barriers to the Design and Implementation of Financial Reporting Applications for MSMEs)

  • Novrida Qudsi Lutfillah
  • Bella Lestari Agus Putri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hambatan desain dan implementasi aplikasi accurate accounting di CV. Samchick Prima Berkah, serta strategi mengatasi untuk mengatasi tantangan tersebut. Metode penelitian kualitatif terapan dipilih dengan jumlah informan dua orang. Hasil penelitian menunjukkan CV. Samchick Prima Berkah seringkali menghadapi kendala dalam mengadopsi teknologi akuntansi yang canggih seperti aplikasi accurate accounting. Ketidakmampuan untuk memahami dan mengimplementasikan aplikasi tersebut dapat menyebabkan kesulitan dalam menyusun laporan keuangan yang akurat, terutama karena perbedaan dalam terminologi dan konsep akuntansi antara aplikasi tersebut dan praktik akuntansi yang sudah ada di UMKM. Hal ini menunjukkan perlunya pendampingan dan bimbingan yang lebih intensif terhadap UMKM dalam mengadopsi teknologi baru, serta perlunya penyediaan arahan yang jelas mengenai standar akuntansi yang sesuai dengan jenis usaha dan peraturan yang berlaku yaitu SAK EMKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-02
How to Cite
LUTFILLAH, Novrida Qudsi; PUTRI, Bella Lestari Agus. Hambatan Desain dan Implementasi Aplikasi Laporan Keuangan untuk UMKM (Barriers to the Design and Implementation of Financial Reporting Applications for MSMEs). Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), [S.l.], v. 31, n. 1, apr. 2024. ISSN 2685-3965. Available at: <https://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jabm/article/view/1388>. Date accessed: 26 may 2024. doi: https://doi.org/10.35606/jabm.v31i1.1388.
Section
Articles