Peningkatan Kualitas Usaha Melalui Pelatihan Manajemen dan Strategi Pemasaran
Abstract
Persaingan di dunia usaha semakin ketat seiring dengan pertumbuhan suatu daerah atau negara. Demikian juga terhadap kegiatan usaha yang bergerak dibidang industri sepatu juga semakin lama semakin ketat. Di daerah Mojokerto terdapat sentra industri sepatu yang semuanya adalah pengrajin UMKM. Dalam UMKM kelemahan yang selalu dimiliki adalah dalam manajemen dan strategi pemasarannya. Dalam artikel ini yang dibahas dan dilakukan adalah meningkatkan kemampuan berbisnis dari para UMKM dengan melakukan pelatihan manajemen dan strategi pemasaran. Dalam kegiatan ini juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana membuat sepatu yang sesuai dengan standar nasional. Kegiatan yang dilakukan ada 2 bentuk yaitu pelatihan manajemen dan strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas berbisnis mereka. Kegiatan kedua adalah melakukan pelatihan di BPIPT Sidoarjo (Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia) yang merupakan wadah bagi pengusaha sepatu untuk menimba ilmu bagaimana membuat sepatu berkualitas sesuai dengan standar yang ada. Kegiatan yang kedua ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pengrajin sepatu dalam membuat sepatu yang berkualitas sebagai salah satu strategi pemasaran
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.