Budaya Organisasi “Akhlak” dan Lingkungan Kerja Mampu Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Kinerja ("Akhlak" Organizational Culture and Work Environment Increase Job Satisfaction and Performance)

  • Siwi Dyah Ratnasari
  • Bunyamin Bunyamin
  • Yupono Bagyo
  • Hanif Mauludin
  • Yuyuk Liana
  • Syafriandani Irgayansah Taufan

Abstract

Budaya organisasi adalah persepsi bersama yang dimiliki oleh semua anggota organisasi. Budaya Organisasi dalam penelitian ini diadopsi dari nilai-nilai yang dikembangkan oleh BUMN yang dikenal dengan "Akhlak". Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi "Akhlak" dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT PLN (Persero) UP3 Malang. Teknik pengambilan sampel dengan metode sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data penelitian menggunakan aplikasi PLS 3.2 cerdas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya Organisasi " Akhlak " mampu meningkatkan kinerja karyawan. Budaya organisasi juga dapat meningkatkan kepuasan kerja. Hasil lain menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan kepuasan kerja tidak mampu meningkatkan kinerja karyawan, tetapi memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja. Keaslian penelitian: penelitian ini menyoroti budaya organisasi yang dimiliki BUMN di Indonesia, yaitu "AKHLAK"

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-02
How to Cite
RATNASARI, Siwi Dyah et al. Budaya Organisasi “Akhlak” dan Lingkungan Kerja Mampu Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Kinerja ("Akhlak" Organizational Culture and Work Environment Increase Job Satisfaction and Performance). Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), [S.l.], v. 31, n. 1, apr. 2024. ISSN 2685-3965. Available at: <https://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jabm/article/view/1389>. Date accessed: 26 may 2024. doi: https://doi.org/10.35606/jabm.v31i1.1389.
Section
Articles