ATRIBUT-ATRIBUT PRODUK SEBAGAI FAKTOR PENDUKUNG PENEMPATAN POSISI PRODUK

  • Enggar Nursasi STIE Malangkucecwara

Abstract

Penelitian dengan judul ?Atribut-Atribut Produk Sebagai Faktor Pendukung Penempatan Posisi Produ Secara Cermat, Studi Kasusu Pada PT. Jawa Pos, Surabaya?, dilatarbelakangi oleh semakin tajamnya persaingan yang mengakibatkan semakin membingungkan dan semakin rancunya posisi suatu produk di pasar. Selain itu dari perusahaan sendiri menunjukkan adanya kecenderungan menyempitnya segmen pasar yang dimilikinya yang semakin terdesak oleh pesaingnya. Kemiripan-kemiripan atribut produk yang dimiliki oleh perusahaan dengan pesaingnya juga melatarbelakangi penelitian ini. Berangkat dari latar belkang tesebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor atau atribut-atribut produk yang dapat mempengaruhi posisi pasar serta yang dapat mendukung pelaksanaan penempatan posisi produk secara cermat pada Harian Jawa Pos. Untuk mendukung pemecahan masalah serta pencapaian tujuan penelitian, dimanfaatkan teori-teori yang relevan dengan usaha tersebut tang terdiri dari : Segmentasi pasar yang meliputi pengertian, dasar-dasar segementasi dan manfaat segmentasi pasar. Targeting yang memfokuskan diri pada penentuan daya tarik struktural segmen. Produk Positioning yang menguraikan tentang definisi produk positioning, pentingnya positioning, tujuan penempatan posisi produk, langkah - langkah penempatan posisi, implementasi pada peta persepsi serta pengejawantahan faktor-faktor pendukung penempatan posisi produk. Konsep-konsep dan variabel yang digunakan dalam peneltitian ini, yaitu : Konsep Segmentasi, dengan memakai variabel demografis yang terdiri dari Komposisi Umur, Tingkat Pendidikan, Jenis Pekerjaan dan Tingkat Pendapatan. Konsep Positionig, dengan menggunakan variabel berdasarkan produk yang meliputi atribut-atribut Topik, Informasi, Iklan-iklan, Unsur Pendidikan, Unsur Hiburan, Struktur Halaman, Komposisi Warna, Komposisi Berita, Jumlah Halaman dan Penerbitan pada Harian Pagi Jawa Pos. Metode analisis yang dipakai adalah deskriptif dan Analitis. Tahap-tahap dalam analisis data yang telah terkumpul serta diolah, meliputi tiga tahap penganalisisan data, yaitu tahap pertama dengan menggunakan analisis cross tab dalam bagian segmentasi dan tahap kedua dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana serta analisis faktor pada tahap ketiga yntuk positioning. Dari analisis yang dilakukan melalui tahapan-tahapan yang terdiri dari Analisis Cross Tab, Regresi Linear Sederhana dan Analisis Faktor, diperoleh hasil yang terbagi dalam dua bahasan yakni Segmentasi dan Positioning. Analisis cross tab yang digunakan dalam bidang segmentasi ini menunjukkan faktor-faktor dari variabel demografis yang mempunyai hubungan signifikan dengan atribut-atribut produk yang diteliti. Faktor-faktor tersebut beserta nilai koefisien kontingensinya adalah sebagai berikut : yang berhubungan dengan faktor umur terdiri Topik (0.57052), komposisi Berita (0.73611), Jumlah Halaman (0.66750) dan Penerbitan (0.58858). atribut yang mempunyai hubungan dengan tingkat Pendapatan adalah topik (0.41692). Sedangkan yang berhubungan dengan faktor Jenis Pekerjaan adalah atribut Informasi (0.50974). Ffaktor Tingkat Pendidikan mempunyai hubungan dengan atribut-atribut informasi (0.61055), Iklan-iklan (0.51419), Unsur Pendidikan (0.51836), Unsur Hiburan (0.59243), Struktur Halaman (0.42392), Komposisi Warna (0.50196), Komposisi Berita(0.50530), Jumlah halaman (0.46771) dan Penerbitan (0.66241). Hal ini berarti bahwa harian pagi Jawa Pos ini mempunyai segmen pasar terbesar berdasarkan faktor tingkat pendidikan di susul oleh fator komposisi umur dan berikutnya adalah dari faktor jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan. Berdasarkan analisis faktor diperoleh hasil bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap atribut-atribut produk bagi penentuan posisinya adalah Komposisi umur. Kecenderungan posisi faktor komposisi umur ini terhadap atribut-atribut porduk berdasarkan analisis regresi linear sederhana adalah sebagai berikut : yang mempunyai prospek posisi semakin meningkat adalah atribut iklan-iklan (0.002468), Unsur Pendidikan (0.061422), unsur hiburan (0.037254) dan Komposisi Warna (0.058515). Sedangkan atribut-atribut yang memiliki prospek posisi yang semakin menurun berdasarkan berdasarkan faktor umur ini adalah Topik (-0.123260), Informasi (-0.113132), Struktur Halaman (-0.027244). Komposisi Berita (-0.097155), Jumlah Halaman (-0.067966) dan Penerbitan (-0,048721). Hasil ini menunjukkan bahwa secara umum sebagian besar atribut produk Harian Pagi Jawa Pos mempunyai kecenderungan posisi yang semakin menurun.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
NURSASI, Enggar. ATRIBUT-ATRIBUT PRODUK SEBAGAI FAKTOR PENDUKUNG PENEMPATAN POSISI PRODUK. Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), [S.l.], v. 8, n. 1, apr. 2001. ISSN 2685-3965. Available at: <https://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jabm/article/view/210>. Date accessed: 23 nov. 2024.
Section
Articles